Senin, 13 Juni 2011

Lirik Lagu "Nyasaruddin"



Sejak 14 Juni 2011 lalu telah beredar video “Nyasaruddin” di dunia maya.  Nampaknya “Nyasaruddin” ini ingin melanjutkan tradisi penyampaian kritik sosial melalui sebuah lagu.   Sebelumnya kita telah mendengarkan lagu sejenis tentang Nurdin Halid dan juga Gayus Tambunan.

Kritik sosial melalui sebuah lagu ini bisa kita bandingkan dengan kritik-kritik sosial (dan politik) lainnya yang disampaikan melalui media lain seperti acara-acara Talk Show di TV atau berbagai tulisan di koran.  

Bagi saya, kritik lewat lagu ini lebih mudah dimengerti dan lebih nyaman dinikmati.  Ia juga mengingatkan saya pada tulisan M.A.W. Brouwer sekitar tiga dekade yang lalu, “Antara Senyum dan Menangis”.  Ya, mendengarkan lagu-lagu itu bisa membuat saya tersenyum dan sekaligus juga menangis.

Video lagu tersebut bisa disaksikan di http://www.youtube.com/watch?v=LlEei0aLNEk

Berikut lirik lagu “Nyasaruddin” selengkapnya.   
 




NYASARUDDIN


Aku lari dari kenyataan
     karena aku sudah ketahuan.
Ku tak mau dikambinghitamkan
     karena semua ikut merasakan.

Aku kabur ke luar negeri
     menghidari panggilan polisi.
Aku takut akan diadili
     karena aku pelaku korupsi.

Kujalankan semua arahan
     kuturuti perintah atasan.
Ambil uang jatah uang dalam
     yang jumlahnya sampai miliaran

Sekarang ku jadi buruan
     berita tv dan berita koran.
Semua pada menyudutkan
     diriku dijadikan korban

Sampai kapan diriku sembunyi
     kuinginkan adanya solusi.
Biar tahu aku tak sendiri
     yang nikmati hasil korupsi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar